Sabtu, 29 Januari 2011

keanekaragaman hayati

1.       Mana yang bukan manfaat keanekaragaman hayati ?
a.       Sebagai sumber pangan, perumahan, kesehatan. Dan berfungsi sebagai sumber makanan (biji-bijian dan hewan ternak) dan sebagai perumahan (misalnya : kunyit, temu lawak, jahe)
b.      Sebagai sumber plasma nutfah
c.       Memiliki peranan tidak mempertahankan keseimbangan ekosistem
d.      Sebagai lahan penelitian dan pengembangan ilmu
e.      Dapat digunakan sebagai objek keindahan
        2.        Keanekaragam hayati sangat penting bagi kehidupan mahkluk hidup, oleh karena itu perlu dilestarikan 
             dan dilindungi keberadaanya. Keanekaragam hayati dapat menjdai rusak dan berkurang jumlahnya 
             karena aktivitas manusia. Empat macam aktivitas manusia yang menyebabkan  kepunahan 
             keanekaragaman hayati kecuali,
a.       Pencemaran
b.      Penggunaan pestisida
c.       Kerusakan habitat
d.      Seleksi
e.      Tindakan exsitu dan insitu
       3.       Sifat tiap individu berbeda beda karena adanya
a.       Keanekaragaman tingkat gen
b.      Keanekaragaman spesies
c.       Keanekaragaman ekosistem
d.      Perbedaan kemampuan beradaptasi
e.      Perbedaan struktur tubuh
       4.       Pasangan mahluk hidup yang dapat melakukan saling kawin adalah...
a.       Mancit dan hamster
b.      Kucing anggora dan kucing siam
c.       Kanguru dan kanguru pohon
d.      Kalelawar dan kalelawar vampir
e.      Beruang kurub dengan beruang madu
       5.       Dihalaman sekolah terdapat rumput kodok, ayam, kupu-kupu dan sebagainya maka termasuk
a.       Keanekaragaman tingkat jenis
b.      Keanekaragaman tingkat gen
c.       Keanekaragaman ekosistem
d.      populasi
e.      Keanekaragam
       6.       Keanekaragaman tingkat gen adalah..
a.       Variasi susunan gen
b.      Berbagai hewan disuatu tempat
c.       Berbagai tumbuhan disuatu tempat
d.      Berbagai karakter hewan
e.      Kombinasi antara gen dengan lingkungan
       7.       Interaksi antara lingkungan tertentu dengan sekumpulan jenis mahluk hidup disebut...
a.       Keanekaragaman jenis
b.      Keanekaragaman gen
c.       Keanekaragaman ekosistem
d.      Populasi
e.      Keanekaragaman
       8.       Keanekaragaman tingkat ekosistem adalah..
a.       Timbal balik antara hewan dalam laut
b.      Berbagai komunitas pada sungai
c.       Berbagai ikan pada kolam
d.      Ekosistem sungai, ekosistem terumbu karang, ekosistem hutan
e.      Berbagai hewan  dalam laut
       9.       Keanekaragaman hayati disebabkoan oleh faktor
a.       Faktor gentik dan faktor lingkungan
b.      Biotik dan abiotik
c.       Topografi dan vegetasi
d.      Karakter yang berbeda dalam komunitas
e.      Karakteristik hewan dan tumbuhan yang berbeda
       10.   Antara padi PB dan IR tidak ada perbedaan pada...
a.       Fenotip
b.      Genotip
c.       Ciri khas
d.      Spesies
e.      Sifat
       11.   Hewan cendrawasih termasuk type
a.       Australia
b.      Peralihan
c.       Asiatis
d.      Indonesia bagian barat
e.      Indoneisa bagian timur
       12.   Berikut ini yang termasuk type fauna peralihan adalah..
a.       Anoa
b.      Kasuari
c.       Kanguru
d.      Burung kakak tua
e.      Burung merak
       13.   Contoh tempat pelestarian secara exsitu adalah kecuali
a.       Cagar alam
b.      Kebun binatang
c.       Taman wisata
d.      Taman hutan raya
e.      Taman sari
       14.   Burung endemic di wilayah oriental adalah
a.       Jalak bali dan elang jawa
b.      Kasuari dan jalak bali
c.       Maleo dan elang jawa
d.      Elang putih dan dara mahkota
e.      Kasuari dan dara mahkota
       15.   Flora Indonesia yang bermanfaat untuk bahan perumahan adalah
a.       Merantu, keruwing, kayu garu
b.      Pinus, cemara, jati
c.       Mahoni, cemara
d.      Matoa, orchid blak
e.      Jati, orchit blak, mahoni

Kamis, 27 Januari 2011

pengertian implikasi

                        Perhatikan pernyataan berikut ini: “Jika matahari bersinar maka udara terasa hangat”, jadi, bila kita tahu bahwa matahari bersinar, kita juga tahu bahwa udara terasa hangat. Karena itu akan sama artinya jika kalimat di atas kita tulis sebagai:
“Bila matahari bersinar, udara terasa hangat”.
”Sepanjang waktu matahari bersinar, udara terasa hangat”.
“Matahari bersinar  berimplikasi udara terasa hangat”.
“Matahari bersinar hanya jika udara terasa hangat”.
        Berdasarkan pernyataan diatas, maka untuk menunjukkan bahwa udara tersebut hangat adalah cukup dengan menunjukkan bahwa matahari bersinar atau matahari bersinar merupakan syarat cukup untuk udara terasa hangat.
        Sedangkan untuk menunjukkan bahwa matahari bersinar adalah perlu dengan menunjukkan udara menjadi hangat atau udara terasa hangat merupakan syarat perlu bagi matahari bersinar. Karena udara dapat menjadi hangat hanya bila matahari bersinar.
        Perhatikan pula contoh berikut ini:
                                “Jika ABCD belah ketupat maka diagonalnya saling berpotongan ditengah-tengah”. Untuk menunjukkan bahwa diagonal segi empat ABCD saling berpotongan ditengah-tengah adalah cukup dengan menunjukkan bahwa ABCD belah ketupat, atau ABCD belah ketupat merupakan syarat cukup bagi diagonalnya untuk saling berpotongan ditengah-tengah. Dan untuk menunjukkan bahwa ABCD  belah ketupan perlu ditunjukkan bahwa diagonalnya saling berpotongan ditengah-tengah, atau diagonal-diagonal segi empat ABCD  saling berpotongan ditengah-tengah merupakan syarat perlu (tetapi belum cukup) untuk menunjukkan belah ketupat ABCD.   Mengapa ?
                        Karena diagonal-diagonal suatu jajaran genjang juga saling berpotongan ditengah-tengah, dan jajaran genjang belum tentu merupakan belah ketupat.
                        Demikian pula syarat cukup tidak harus menjadi syarat perlu karena jika diagonal segi empat ABCD  saling berpotongan ditengah belum tentu segi empat ABCD  belah ketupat.
                                        Banyak pernyataan, terutama dalam matematika, yang berbentuk “jika p maka q”, pernyataan demikian disebut implikasi atau pernyataan bersyarat (kondisional) dan ditulis sebagai p q. Pernyataan p q juga disebut sebagai pernyataan implikatif atau pernyataan kondisional. Pernyataan p q dapat dibaca:
                        a. Jika p maka q
                        b. p berimplikasi q
                        c. p hanya jika q
                        d. q jika p
Dalam implikasi p q, p disebut hipotesa (anteseden) dan q disebut konklusi (konsekuen).
        Bila kita menganggap pernyataan q sebagai suatu peristiwa, maka kita melihat bahwa “Jika p maka q” dapat diartikan sebagai “Bilamana p terjadi maka q juga terjadi” atau dapat juga, diartikan sebagai “Tidak mungkin peristiwa p terjadi, tetapi peristiwa q tidak terjadi”.
                       


Definisi : Implikasi p q bernilai benar jika anteseden salah atau konsekuen benar.
                       
Berbeda dengan pengertian implikasi sehari-hari maka pengertian implikasi disini hanya ditentukan oleh nilai kebenaran dari anteseden dan konsekuennya saja, dan bukan oleh ada atau tidak adanya hubungan isi antara anteseden dan konsekuen. Implikasi ini disebut implikasi material. Sedang implikasi yang dijumpai dalam percakapan sehari-hari disebut implikasi biasa (ordinary implication).

Contoh:
1. jika           p  :  burung mempunyai sayap (B), dan
                             q  :  2 + 3 = 5 (B)
   maka p q  :  jika burung mempunyai sayap maka
2 + 3 = 5 (B)
2. jika           p  : x bilangan cacah (B), dan
                      q   : x bilangan bulat positif (S)
maka p q  : jika x bilangan cacah maka x bilangan bulat positif (S).

p
q
Berdasarkan definisi diatas dapat disusun tabel kebenaran untuk implikasi seperti disamping.

 
pq
B
B
S
S
B
S
B
S
B
S
B
B





Soal        :
1.       Diketahui “p : pelaut itu gagah” dan “q : pelaut itu berbadan tinggi”. Nyatakan kalimat-kalimat berikut dalam bentuk 
simbolik menggunakan p dan q !
a.  jika Pelaut itu gagah maka tinggi badannya.
b. jika pelaut itu tidak gagah maka tidak tinggi badannya.
2.       Tentukan tabel kebenaran dari p Þ - q
3.       Tuliskan implikasi dari :
 p : 23 = 6
q : Pancasila dasar negara kita.
4.       Tuliskan negasi dari kalimat pada nomer 3.
5.      Tentukan nilai x dari x2+2x-8=0 Þ 10 < 16



















Jawab :
1.       A. P Þ Q
B. –P Þ - Q
2.        
P
-Q
P Þ -Q
B
S
S
B
B
B
S
S
B
S
B
B

3.       Jika 23 = 6 maka pancasila dasar Negara kita
4.       Jika 23 ≠ 6 maka pancasila bukan dasar Negara kita
5.       (x - 2)(x + 4)
X = 2 atau x = -4